7 Cara Jitu Dongkrak SEO Gunakan Gambar

7 Cara Jitu Dongkrak SEO Gunakan Gambar

Dalam sebuah blog, gambar menjadi salah satu media yang tepat untuk meningkatkan trafik pada blog atau website yang sedang anda kelola. Di dunia web sendiri, gambar menjadi objek yang tak terlepas dari sebuah halaman blog. Bahkan ada beberapa web yang menjadikan gambar sebagai objek utamanya. Tidak heran banyak bloger mencari cara untuk dongkrak SEO dengan gambar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan jumlah trafik pengunjung pada blognya.

Dalam beberapa artikel juga telah banyak di bahas bagaimana cara meningkatkan SEO dengan media teks. Ternyata selain cara – cara tersebut, ada juga cara lain untuk meningkatkan SEO yaitu dengan menggunakan media gambar. Para pengguna internet selain mencari informasi berupa teks, banyak pula di antaranya yang mengakses gambar dengan menggunakan mesin pencari. Oleh karena itu, sungguh sayang jika ini tidak di gunakan sebagian peluang untuk meningkatkan daya tarik blog anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba cara dongkrak SEO dengan gambar.

Di sisi lain, mesin pencari gambar google atau google image search menjadi sumber terbesar bagi para pengguna internet dalam mencari informasi gambar sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Penggalian gambar pada mesin pencari tidak dapat di pandang sebelah mata karena jumlah pencarian tersebut di internet cukup tinggi sehingga sayang jika kesempatan ini tidak di gunakan. Sebenarnya untuk dongkrak SEO dengan gambar tidaklah sulit asalkan di lakukan dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan SEO anda dengan menggunakan media gambar:

  1. Penggunaan nama file gambar

Telah kita ketahui bahwa nama adalah sebuah identitas. Di dalam komputer sediri nama file menjadi hal yang mutlak dan tidak boleh sama pada sebuah folder. Dengan begitu, nama file yang jelas dapat memberikan deskripsi yang jelas pula tentang file yang telah di buat. Hal ini berlaku juga pada halaman web. Misalkan saja sebuah halaman yang menampilkan gambar sama dengan file lain seperti file PHP, HTML, ASP dan lain sebagainya.

 

Contohnya, http://namaweb.com/foldergambar/nama-gambar.jpg

 

Tidak berbeda dengan optimasi dengan cara lainnya, anda sebaiknya juga memperhatikan permalink pada gambar yang akan anda upload. Misalkan saja anda akan meng-upload gambar anda dari sebuah kamera digital atau kamera handphone anda, maka biasanya akan muncul nama yang telah terseting secara otomatis dari kamera yang anda gunakan. Sehingga jika anda ingin menggunakan gambar tersebut untuk dongkrak SEO dengan gambar, anda perlu mengubah nama gambar yang anda gunakan agar menjadi deskristif sehingga dapat memberikan gambaran tentang gambar yang anda masukkan. Untuk spasi anda bisa menggunakan hype ( strip ) sama seperti permalink halaman web atau halaman blog.

 

  1. Ukuran file gambar

Dalam hal ukuran gambar, google sendiri tidak memberikan ukuran file yang layak untuk di diindeks secara spesifik. Namun demikian, pada halaman web yang ukurannya terlalu besar dapat mempengaruhi loading web anda. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap user dan menjadi pertimbangan bagi google karena goggle sangat memperhatikan user experience. Maka dari itu, kecepatan loading sebuah halaman web sangat mempengaruhi SEO dan hal yang paing mempengaruhi ukuran sebuah web adalah gambar yang ada di dalamnya. Oleh sebB ITU, agar dapat dongkrak SEO dengan gambar, gunakanlah tool kompresi dan optimasi PNG dengan PNGGauntlet agar tidak terlalu berpengaruh atau mengurangi kualitas gambar.

 

  1. Teks di sekitar gambar

Teks yang berada di sekitar gambar juga sangat berpengaruh karena dapat memberikan gambaran dan penekanan relevansi pada topik yang sedang anda bahas di dalam blog. Hal ini karena keyword – keyword yang ada di dalam teks yang mengelilingi gambar pada sebuah halaman tempat gambar itu berada dapat mendorong mesin pencari google untuk menemukan halaman anda. Karena itu, hal ini sangat perlu di perhatikan jika anda ingin dongkrak SEO dengan gambar.

 

  1. Meletakkan gambar pada awal postingan

Cara dongkrak SEO dengan gambar yang ke empat ialah meletakkan gambar pada awal postingan. Mengapa perlu melakukan hal ini? Karena saat pengunjung mengunjungi website Anda, dengan gambar mereka akan menjadi lebih tertarik dengan postingan yang ditawarkan. Saat meletakkan gambar di awal postingan juga bisa membuat spider boot lebih cepat mengindeks gambar yang Anda posting di bandingkan dengan mengindeks artikel Anda. Kesan pertama yang akan di terima pengunjung ialah gambar yang mereka lihat pada saat membuka sebuah halaman.

 

  1. Membuat gambar yang sesuai

Banyak orang berpikir jika ingin dongkrak SEO dengan gambar, tema gambar tidak terlalu penting sehingga mereka mengupload gambar yang tidak sesuai dengan artikel yang mereka buat. Contoh kecilnya, ketika Anda membuat sebuah artikel yang bertema wanita cantik, Anda membumbui dengan gambar wanita yang sudah tua. Walaupun kelihatan sepele, bayangkan jika gambar tersebut berada di atas. Apa kesan pertama yang akan di dapatkan oleh mereka yang melihat gambar tersebut? Mereka akan bingung dan heran, hingga akhirnya mereka akan malas untuk membaca ulasan artikel Anda, walau isinya kreatif sekalipun. Akan terlintas di pikiran pengunjung bahwa bila gambarnya saja tidak menarik, bagaimana isinya? Oleh sebab itu, pilih gambar yang sesuai dengan isi artikel Anda.

 

  1. Pilih gambar yang unik dan menarik

Selain Anda harus menyesuaikan gambar dengan isi artikel, Anda juga harus membuat gambar semenarik mungkin. Hindari meletakkan gambar yang sudah berada di dalam google. Artinya, Anda hanya mengambil gambar seseorang tanpa mengeditnya. Ini akan membuat pembaca seperti telah menebak jalannya cerita sebuah film. Padahal mungkin saja Anda hanya membuat sebuah gambar yang sama, namun isi artikel berbeda jauh. Oleh sebab itu, gunakan gambar hasil kreasi Anda sendiri. Jika memang Anda belum bisa membuat gambar di sebuah software, Anda bisa mengambil sebuah foto dan melakukan sedikit pengeditan agar gambar berbeda dengan yang Anda ambil sebelumnya.

 

  1. Meletakkan keterangan gambar

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk dongkrak SEO dengan gambar ialah meletakkan keterangan pada gambar. Biasanya untuk fitur seperti wordpress, Anda bisa menambahkan sedikit keterangan di sana. Keterangan ini juga bisa berperan sebagai sebuah informasi yang lebih detail mengenai gambar tersebut. Sebelum Anda menambahkan sebuah keterangan. Cek terlebih dahulu keterangan tersebut pas dengan gambar atau tidak.

Memang, untuk hasil kerja optimasi SEO yang sekarang ini Anda lakukan, tidak bisa di lihat dengan begitu cepat. Website yang Anda miliki tidak bisa langsung naik di urutan atas. Pasti membutuhkan waktu entah dalam hitungan hari, minggu ataupun bulan. Yang pasti, Anda harus melakukan serangkaian cara dongkrak SEO dengan gambar ini secara maksimal. Jika terlalu sulit, anda bisa meminta bantuan teman atau relasi yang menguasai SEO.